Sevilla, Perpaduan Islam dan Kristen

         Setelah Madrid, Barcelona dan Valencia, Sevilla merupakan kota terbesar keempat di Spanyol. Terletak diantara pegunungan Sierra Morena dan sungai besar Betis atau Guadalquivir (diambil dari bahasa Arab, Guad el Kevir) menjadikan Sevilla sebagai kota yang sangat strategis di Spanyol.
        Ciri-ciri yang sangat mudah ditemukan di kota ini adalah keindahan alam, atraksi, makanan, pohon berbunga aneka warna, rumah-rumah berwarna putih kuning, patio dan monumem-monumen bersejarahnya.
Kota ini dibangun dengan arsitektur romawi oleh bangsa Romawi yang menaklukkan Sevilla di tahun 500 dan arsitektur Arab yang merebut kota ini dari Romawi pada tahun 712. Bangsa Arab memerintah Sevilla dari tahun 712 hingga 1248 atau lebih dari 5 abad.
Tidak mengherankan kota ini merupakan satu dari kota terindah di dunia karean perpaduan tersebut. Seniman-seniman terkenal dunia pun banyak yang berasal dari kota ini seperti Velazquez, Murillo, Juan de Mesa, Zurbaran, Becquer, Merimee dan Rossini.
Bangunan-bangunan yang indah menghiasi kota ini dimulai dari Katedral Giralda yg dibangun pada tahun 1184 pada masa pendudukan Romawi, kemudian sempat dijadikan masjid pada saat pendudukan bangsa Arab dan akhirnya pada tahun 1558, arsitek terkenal Hernan Ruiz melengkapinya dengan menara bel sebanyak 25 buah serta patung yang dinamakan Giraldillo sehingga akhirnya gereja ini dinamakan Giralda.
       Gereja yang merupakan gereja terbesar dan terindah ke-3 di dunia setelah St.Peter di Roma dan St.Paul di London tetapi merupakan gereja Katolik pertama di dunia karena St. Peter merupakan basilika dan St.Paul adalah gereja anglikan.
       Giralda memang sangat indah karena dibangun dengan gaya arsitektur Arab dan Eropa mulai gaya Baroque ,Renaissance, Gothic dan Classic mengingat masa pembangunannya yang lebih dari 4 abad tersebut. Terdapat 2 altar dari kayu berlapis emas dan lainnya berlapis perak hasil dari perjalanan Columbus dibenua Amerika.
         Columbus merupakan figur yg sangat penting bagi Spanyol dan khususnya Sevilla. Peti matinya pun bisa dilihat di Katedral Giralda yang dipanggul oleh 4 orang yang menggambarkan 4 suku besar di Spanyol yaitu Castillian, Cataluna, Aragon dan Navarro.
         Cerita lucu terjadi pada bangsa Spanyol pada saat Columbus menemukan benua Amerika dia berpikir bahwa benua itu adalah benua Asia sehingga menamakannya La India. Baru pada saat dia meninggal ahli geografi Spanyol menyadari bahwa benua itu adalah benua lain yg kemudian diberi nama Amerika.
Karena jasanya. Maka tulang2 mayat Columbus dibagi2 kenegara2 Dominica. Kuba serta Spanyol. Namun pada saat Dominica dan Kuba memerdekakn diri maka tulang-tulang tersebut dibawa utk digabung di Sevilla. Bangunan monumental berikutnya adalah arena adu banteng yg merupakan arena kedua yang dibangun di Spanyol setelah Malaga.
           Bangunan monumental lainnya adalah istana Alcazar yg merupakan istana raja Arab yg memerintah Sevilla dari abad ke-13 hingga abad ke-16.  Dapat dilihat disini indahnya seni pahat kayu oleh senimanseniman yang didatangkan dari Syria sampai kaligrafi diatas batu marmer dan granit yang sangat spektakuler.
         Banyaknya patio di tengah bangunan yang dipadukan dengan air mancur, melengkapi keindahan istana ini. Bangunan ini dapat dikatakan merupakan Al Hambra versi kecil di Granada. Sevilla juga dikenal sebagai kota Expo dunia dan itu dapat terlihat dari bangunan indah Plaza Espana yang merupakan anjungan Spanyol pada expo tersebut.
         Kita juga dapat melihat anjungan-anjungan indah lainnya dari negara Brazil, Dominica dan Argentina. Hal lain yang menjadi ciri khas kota ini adalah taman-taman indah dengan hardscape yang fenomenal seperti Maria Luisa Park dan Murillo Garden.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
Perempuan Muslim, yang pedulih bahwa cinta dan kasih itu penting bagi umat manusia