5/06/2011

Jejak Osama Bin Laden

0

Berita tewasnya Osama Bin Laden, petama kali dipublikasian oleh pihak Amerika Serikat (AS) ini langsung menjadi topik pemberitaan diseluruh media di dunia. Tokoh yang cap AS sebagai dalang yang paling bertanggung jawab dalam sejumblah aksi teror besar dibelahaan dunia ini mulai mencuat namanya seja tragedi 11 September yang memuluh lantahkan menara kembar WTC, New York Amerika Seikat.
Berikut sejarah singkat petualangan Osama Bin Laden:
Dilahirkan di Riyadh, Saudi Arabia pada tahun 1957 dendan nama Usmah Ibn Ldin. Dikenal sebagai dalang penyerangan teroris melawan Amerika Serikat dan kekuatan barat lainnya, termasuk pemboman Pusat Perdagangan Kota New York pada tahun 1993, bom bunuh diri pada kapal perang Amerika Serikat tahun 2000, dan serangan ke Pusat Perdagangan Dunia di kota New York dan Pentagon dekat Washington, D.C tanggal 11 September 2001.
Bin Laden adalah satu dari lebih 50 anak di Saudi Arabia yang berasal dari keluarga kaya. Ia kuliah di King Abdul Aziz University, dimana ia menerima gelar di civil engineering. Setelah Uni Soviet menyerbu Afghanistan pada tahun 1979, bin Laden seperti beribu muslim dari seluruh dunia bergabung dalam pertahanan Afghan.
Setelah Soviet menarik mundur pada tahun 1989, bin Laden pulang sebagai seorang pahlawan, namun ia kecewa terhadap apa yang dirasanya sebagai korupsi di pemerintahan Saudi dan keluarganya.
Keberatannya adalah pada kehadiran pasukan amerika Serikat di Saudi Arabia selama Perang Teluk Persia. Menjelang tahun 1993 ia telah mendirikan suatu jaringan yang dikenal dengan al-Qaeda.
Kelompok tersebut mendanai dan mengorganisir beberapa serangan ke seluruh dunia, termasuk bom truck detonasi melawan Amerika target di Saudi Arabia pada tahun 1996, pembunuhan turis di Mesir pada tahun 1997, dan pemboman secara simultan di kedutaan amerika Serikat di Nairobi, Kenya, dan Dar es Salaam, Tanzania pada tahun 1998, yang kesemuanya membunh hamper 300 orang.
Pada tahun 1994, pemerintah Saudi Arabia menyita passpornya setelah menuduhnya subversi, lalu ia lari ke Sudan, dimana ia mengorganisir camps yang melatih militant dengan metode teroris dan akhirnya ia lari pada tahun 1996. Ia lalu kembali ke Afghanistan, dimana ia menerima perlindungan dari pemimpin militant Taliban.

0 komentar:

Posting Komentar