5/06/2011

Dunia Harus Hindari Kelaparan Global Dunia Harus Hindari Kelaparan Global

0

        Sebuah laporan internasional tentang ketahanan pangan menghimbau agar dunia segera bertindak untuk mengatasi kelaparan global.
      Studi yang dibiayai pemerintah Inggris ini mengatakan sistem produksi pangan dunia sekarang tidak mampu mengatasi kelaparan apabila tidak dirombak total.
Penelitian multi disiplin ilmu berjudul Foresight Report on Food and Farming Futures ini dipandang sebagai studi pertama yang secara analitik mengkaji upaya mengatasi kelaparan global.
Laporan ini dikeluarkan setelah 400 peneliti dari 35 negara melakukan studi selama dua tahun. Menurut ketua tim penasehat sains pemerintah Inggris Professor Sir John Beddington, penelitian ini menunjukkan bukti-bukti kuat yang perlu segera ditindaklanjuti oleh pemerintah di berbagai negara. Laporan ini antara lain menekankan agar sektor pertanian diberi insentif agar bisa mengatasi kekurangan gizi. Rekomendasi lainnya adalah agar produksi bahan-bahan pangan yang paling menyerap sumber daya alam dibatasi.
"Kita tahu dalam 20 tahun ke depan populasi dunia akan naik menjadi 8,3 miliar orang," kata Beddington kepada BBC News.
Beddington mengatakan dalam 20 tahun ke depan, dunia harus menambah produksi pangan sebayak 40%. Selain itu menurut Beddington penyediaan air bersih dunia harus ditambah 30%, sedangkan produksi energi harus dinaikkan sebesar 50%.

0 komentar:

Posting Komentar